Jual Andon Board Systems di Bandung dan Manfaatnya

Andon Board Systems – Dalam lean manufacturing, andon mengacu pada pusat visual sebuah sistem produksi. Sistem ini adalah presentasi visual dari operasi yang sedang berlangsung dan menunjukkan di mana tindakan diperlukan. Ini dianggap sebagai alat komunikasi yang paling efektif karena memungkinkan proses berjalan mulus tanpa hambatan atau kemacetan.

Andon adalah terminologi Jepang kuno untuk lentera kertas biasa. Sistem ini merupakan alat unggulan sistem produksi Toyota dan sekarang merupakan bagian integral dari lean manufacturing. Sebagai contoh, ada sistem Andon dipasang di tempat produksi untuk memantau status produksi kepada karyawan, dan sistem andon menunjukkan adanya masalah di beberapa bagian. Karena itu, lebih mudah bagi staf untuk memeriksa tanggung jawab masing-masing.

Tujuan Andon di Manufaktur

  • Sistem ini memperingatkan personil segera setelah timbulnya masalah atau halangan, sehingga memungkinkan perbaikan masalah secara cepat.
  • Menghemat waktu ekstra dan tenaga personel produksi yang digunakan untuk memantau proses produksi; sebaliknya itu memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada tindakan korektif .
  • Sistem ini memungkinkan pemantauan peralatan dan personel secara efektif.
  • Sistem ini memungkinkan personel untuk secara efektif melakukan analisis bottleneck.
  • Sistem ini menyoroti lokasi serta sifat masalah.
  • Sistem ini merangsang aliran informasi sehingga meminimalkan upaya yang diperlukan untuk menyampaikan informasi.

Bagaimana Andon Bekerja

Seperti sistem lainnya, andon dalam manufaktur juga memiliki input dan output. Ini meningkatkan dan mempercepat aliran informasi yang terkait dengan masalah dalam proses produksi.

Input untuk Andon

Informasi dapat ditanamkan ke dalam sistem andon secara manual atau otomatis. Secara manual itu digerakkan dengan baik menarik kabel andon atau dengan menggunakan tombol atau sakelar. Kabel andon adalah kabel yang terkulai dari langit-langit dan jika ada masalah, operator hanya menarik kabel yang mengirim informasi bahwa suatu masalah teridentifikasi dan menghentikan operasi. Sedangkan, ketika menggunakan tombol tandon, operator harus menekan tombol untuk menyoroti masalah dan menghentikan operasi.

Namun, dalam sistem andon otomatis, sistem ini akan secara otomatis membekukan produksi dan staf berkumpul untuk menganalisis akar penyebab masalah jika diperlukan untuk menyelesaikan masalah. Dalam sistem informasi otomatis yang dimasukkan ke dalam sistem dan merasakan proses. Misalnya, jika waktu habis dan produksi masih belum lengkap itu dianggap sebagai kelalaian dari operator dan sistem mengirim sinyal secara otomatis.

Output dari Andon

Data yang diterima oleh sistem andon dari sensor dan sistem input kemudian ditampilkan baik dalam bentuk lampu atau Andon display. Lampu Andon adalah bentuk paling sederhana dari tampilan sistem Andon.

  • Lampu hijau menunjukkan operasi berjalan dan bebas kesalahan.
  • Kuning menunjukkan masalah teridentifikasi.
  • Lampu merah menunjukkan produksi dihentikan.
  • Lampu oranye menunjukkan peringatan untuk suatu masalah.

Yang paling efektif dari sistem andon adalah andon board. Mereka meringkas informasi tentang produksi pada satu papan. Lampu dan LED yang berbeda dipasang pada board ini atau salah satu juga dapat memprogram perangkat lunak untuk tampilan pada monitor besar. Sistem ini menyoroti status produksi serta target saat ini dan adanya cacat produk. Berbagai modifikasi dapat dilakukan di papan andon seperti sinyal suara atau pesan instan di ponsel tentang identifikasi masalah. Monitor yang relatif lebih kecil dapat dihubungkan dengan papan utama dan dapat dipasang di kantor operator.

Manfaat Andon dalam Manufaktur

  • Sistem Andon sangat bermanfaat dalam proses lean manufacturing. Dimana data dikirim langsung ke ruang kontrol dan membuatnya sangat mudah bagi operator untuk mengontrol operasi simultan dalam unit yang relatif lebih besar.
  • Status produk terlihat jelas oleh personel di setiap level yang terlibat dalam operasi tertentu seperti manajer pabrik, penyelia, staf pemeliharaan, dan personel operasi.
  • Andon di bidang manufaktur meningkatkan transparansi proses produksi dan memberanikan reaksi instan terhadap masalah kualitas atau keselamatan.
  • Dengan menyoroti langsung kesalahan atau halangan, itu meningkatkan produktivitas.
  • Sistem ini meningkatkan aliran informasi di tempat produksi sehingga menghemat waktu, biaya dan energi juga.
  • Papan Andon juga berfungsi sebagai perangkat peringatan dini yang berarti masalah ditampilkan di papan sebelum alarm dipicu sehingga dapat segera dipecahkan.
  • Sistem ini meningkatkan tanggung jawab operator dan pada akhirnya meningkatkan akuntabilitas mereka serta mempercayakan mereka untuk mengambil tindakan korektif.

Dengan begitu banyaknya keuntungan yang didapat dari penggunaan sistem Andon, tidak bijak rasanya jika Anda tidak segera menggunakannya. Sistem ini merupakan investasi dalam memajukan perusahaan Anda. Pesan sekarang juga di Batara Elektrindo dan segera dapatkan kemajuan perusahaan. Untuk informasi lebih lanjut, cukuk klik di sini.

One comment

  1. […] Display HSE – Di dunia yang serba digital saat ini, tidak lengkap rasanya ketika kita menampilkan sebuah informasi dengan masih menggunakan cara-cara tradisional. Khususnya untuk sebuah informasi yang selalu berubah-ubah, dan sering berganti informasi untuk disampaikan. Salah satu plarformnya adalah display HSE, yang merupakan sebuah plarform dengan tampilan elektronik yang dapat memberikan informasi apapun sesuai dengan apa yang kita input dalam sistem alat tersebut. Sistem ini dapat digunakan untuk menampilkan iklan, membangun sebuah branding, dan memberikan informasi yang sangat penting tentang produk dan layanan dari sebuah perusahaan yang digambarkan menjadi semacam grafik atau video yang berkualitas tinggi. […]

Leave a Reply